By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Rumah Adat

Rumah Adat

Indonesia dengan kekayaan budayanya memang membuat kita dapat menjumpai beragam bangunan rumah adat, termasuk Rumah Adat Belitung. Dengan segala keunikan dan kisah serta makna dibalik bangunan Rumah Adat Belitung atau Rumah Panggong, membuat kita akan mendapatkan banyak pengalaman mengesankan ketika mengunjunginya. Dari sini maka mengunjungi Rumah Adat Belitung akan sangat menyenangkan.

Keunikan Rumah Adat

  • Merupakan rumah adat khas Belitung yang dilestarikan
  • Tidak memiliki sekat-sekat untuk kamar pada ruang utama
  • Punya beberapa perbedaan dengan rumah penduduk biasa
  • Ada beragam kisah dan unsur budaya yang bisa didapati dari Rumah Adat Belitung

Rumah Adat Belitung sendiri dibangun di atas area seluas kurang lebih 500 meter persegi. Keunikan Rumah Adat Belitung ini ada pada tidak adanya sekat atau kamar serta bahan bangunannya yang kesemuanya menggunakan bahan dari alam lingkungan. Bahan dari alam yang paling banyak digunakan adalah kayu yang mencapai 90%. Bahan kayu ini bisa kita dapati pada tiang Rumah Adat Belitung yang menggunakan kayu nyatoh dan bagian lantai yang menggunakan kayu ulin. Sementara itu pada bagian atap Rumah Adat Belitung, kita akan menjumpai penggunaan kayu seru dan medang serta daun rumbia dan ijuk. Bahan dari alam lainnya yakni bambu dan kulit kayu bisa kita temui di bagian dinding Rumah Panggong. Sedangkan untuk fondasinya, rumah yang dibangun tahun 2006 dan diresmikan tahun 2009 tersebut menggunakan batu granit yang banyak ditemui di Belitung. Rumah Adat Belitung sendiri mempunyai bentuk memanjang ke belakang dengan lima bagian dengan fungsi yang berbeda-beda. Semakin ke belakang dari Rumah Adat Belitung maka terjadi penurunan nilai dimana bagian depan dipergunakan untuk tempat menjamu tamu dan bagian paling belakang untuk pembantu. Lima bagian dari Rumah Adat Belitung tersebut sendiri adalah teras, ruangan utama, loss, dapur dan ruang untuk penjaga rumah atau pembantu. Keunikan lain dari Rumah Panggong ini adalah pengukurannya yang tidak menggunakan meteran melainkan dengan alat dapur bernama Dulang yang berfungsi sebagai penutup makanan khas Belitung.

Saat memasuki Rumah Adat Belitung, kita akan mendapati ornamen kembang goyang yang bila tertiup angin akan saling bersentuhan dan menimbulkan bunyi. Ornamen di depan rumah yang berfungsi untuk menyambut tamu ini dibuat dari besi tipis yang berwarna-warni untuk menarik perhatian. Setelah melewati ornamen kembang goyang kita akan mendapati ruang teras untuk menerima tamu laki-laki dengan ukuran tiga kali tujuh meter persegi. Selanjutnya menuju ke dalam rumah kita akan mendapati ruang utama dimana tempat menerima tamu perempuan dan juga tempat keluarga beraktivitas, dari tidur, makan hingga berkumpul. Inilah ruangan paling luas dari Rumah Adat Belitung karena tidak adanya sekat. Menuju ke belakang lagi kita bisa akan mendapati tempat bernama loss yang berwujud jembatan sepanjang tiga meter. Fungsi tempat ini adalah tempat keluarga bersantai dengan kegiatan bercengkerama, mendongeng serta mencari kutu. Berikutnya ruangan yang bisa kita temui adalah dapur tempat memasak dan juga menyimpan hasil kebun. Dan ruang paling belakang dari Rumah Adat Belitung yakni ruang untuk pembantu atau penjaga rumah. Rumah yang diadopsi dari rumah adat Kalimantan dan digunakan oleh para bangsawan ini sendiri memiliki perbedaan dengan rumah penduduk biasa. Perbedan tersebut bisa kita jumpai pada ukuran Rumah Adat Belitung yang lebih besar dengan lima ruangan. Perbedaan berikutnya bisa kita lihat dari adanya jumlah anak tangga yang lebih dari tiga, sementara pada rumah penduduk biasa hanya ada tiga anak tangga. Dan terakhir, perbedan Rumah Adat Belitung dengan rumah penduduk biasa adalah adanya ruang untuk pembantu dan penjaga rumah yang tidak bisa ditemui pada rumah penduduk biasa. Selain menjadi rumah adat, ternyata Rumah Panggong ini juga difungsikan sebagai Museum Budaya Belitung.

NEXT PAGE >>

Belitung Tour Package Rp 1,694,000/person @ Maxone Belstar Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Belitung Fotografi termasuk tour sehari penuh, hotel Maxone Belstar makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Danau Kaolin

DISTANCE3 km VIEW MORE

 

Sejujurnya, awalnya kami tidak ingin memuat foto ini. Tetapi atas permintaan beberapa rekan fotografer yang ingin mengetahui lebih jauh tentang potensi seni fotografi di daerah tambang kaolin, maka kami buatlah galeri foto Danau Tambang Kaolin ini. ...

Tanjung Pendam

DISTANCE4 km VIEW MORE

 

Berada dekat dengan Kota Tanjung Pandang sebagai Ibu Kota Kabupaten Belitung, Pantai Tanjung Pendam bisa jadi solusi untuk Anda yang sedang berada di Kota Tanjung Pandang dan tidak punya banyak waktu untuk berlibur menelusuri seluruh Pulau Belitung. Dengan berkunjung ke sini maka liburan singkat And ...

Pantai Penyabong

DISTANCE27 km VIEW MORE

 

Penyabong adalah nama pantai yang berada di daerah Membalong, Belitung bagian Selatan. Membalong adalah nama sebuah kecamatan di Barat Daya pulau Belitung, dimana desa Membalong adalah nama ibu kota kecamatannya. Dearah ini juga juga dinamakan Belantu, sebuah daerah dengan dialek bahasa sedikit berb ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Rumah Adat

  • Pengamatan pemandangan
  • Berpetualang di sekitarnya
  • Adat istiadat dan tradisi
  • Mempelajari sejarah

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Beberapa aktivitas dan kegiatan yang bisa Anda lakukan di Rumah Adat Belitung antara lain :
  • Menyaksikan rumah adat khas Belitung yang memiliki arsitektur menarik dan unik serta sarat kisah dan makna.
  • Menyusuri Rumah Adat Belitung yang memiliki lima ruangan yaitu ruang teras, ruang utama, loss, dapur dan ruang pembantu atau penjaga.
  • Melihat ranjang pengantin di ruang utama yang dilengkapi dengan aneka perlengkapan pernikahan khas adat Belitung.
  • Dengan bantuan pemandu wisata atau guide maka kita bisa mendengarkan kisah dan riwayat dari Rumah Adat Belitung ini.
  • Melakukan dokumentasi dengan kamera untuk mengabadikan Rumah Adat Belitung dan juga momen kunjungan Anda di sini.
  • Rumah Adat Belitung yang juga berfungsi sebagai museum juga membuat kita bisa melihat beberapa koleksi foto tentang budaya Belitung, termasuk foto pernikahan adat Belitung zaman dulu.

  • Capital City
  • Airport
  • Danau Kaolin
  • Tanjung Pendam
  • Pantai Penyabong

Akses Menuju Lokasi

Untuk menuju ke Rumah Adat Belitung Anda tak akan mengalami kesulitan dalam aksesnya. Hal ini dikarenakan lokasi Rumah Adat Belitung berada di tengah atau pusat Kota Tanjung Pandan, yang merupakan Ibu Kota Kabupaten Belitung. Lokasi tepat dari Rumah Adat Belitung adalah di Jalan Ahmad Yani atau berada persis di samping Kantor Bupati Belitung. Penempatan Rumah Adat Belitung di dekat kantor bupati ini bukan tanpa maksud karena bertujuan agar mudah disaksikan orang, terutama tamu dinas. Bila Anda berangkat dengan pesawat dan transit di Bandara Internasional H. A. S Hanandjoeddin, maka waktu yang diperlukan untuk sampai ke Rumah Adat Belitung ini hanya sekitar 19 menit saja. Mengenai akses jalan ke Rumah Adat Belitung ini tak perlu dikhawatirkan karena sudah bagus dan bisa dilalui oleh segala jenis kendaraan.

Tarif dan Catatan Khusus

Untuk Anda yang akan mengunjungi Rumah Adat Belitung ini tidak ada tiket masuk yang perlu dibayar. Jadi tarif gratis atau cuma-cuma ini seharusnya membuat Anda tidak ragu lagi datang ke bangunan yang penuh dengan keunikan dan kisah. Meski tidak ada tarif masuk yang perlu dibayar tapi selama berada di Rumah Adat Belitung ini diharuskan menjaga kebersihan dan ketertiban. Kebersihan di destinasi ini diperlukan karena Rumah Panggong tersebut sudah terjaga dan terawat dengan baik. Sementara itu ketertiban di sini diperlukan untuk menjaga ketenangan dan kerapihan Rumah Adat Belitung yang kini telah berstatus sebagai Museum Budaya Belitung.

Fasilitas di Objek Wisata

Saat berkunjung ke Rumah Adat Belitung ini Anda tidak akan kesulitan mendapati fasilitas yang ada. Ini karena Rumah Adat Belitung dikelola dengan baik oleh Pemerintah Daerah setempat. Beberapa fasilitas yang bisa kita didapati di Rumah Adat Belitung ini antara lain area parkir, toilet dan juga guide atau pemandu wisata. Untuk tempat makan dan juga tempat penginapan bisa Anda dapatkan dengan mudah di sekitaran Rumah Adat Belitung. Ini karena Rumah Adat Belitung lokasinya berada di tengah kota Tanjung Pandan.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Rumah AdatTanjungpandang

Click star to rate Rumah Adat

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Hello Belitung Tour, As a Turkish tourist, i know your island from the film.But knowing the island from film is not the same visiting the island. So i decided to go there with my family. I visited ur island with ur agency. Everything was good,i found more than film in the island, nice people, nice beaches,.. I am happy to see there with your agency. Our guide Ipong was very well, he tried to make us feel better always. Thank u,Ipong. I recommend you and ur island to my friends. Thanks, Yahya

    Yahya Emre Gulersoy Turkey 14 Sep 2014
  • Well organized. Terima kasih untuk BelitungIsland terutama guide kami, Mas Vicky atas pelayanannya. Honeymoon kami menyenangkan, selalu ada alternatif dari Mas Vicky untuk mengisi waktu kami. Kebetulan waktu itu hujan terus, tapi untungnya saat island hoping cuaca cerah. Candle light dinnernya melebihi ekspektasi kami. Saat di pulau, Mas Vicky juga sudah siap membawa kelapa muda segar. Pokoknya pintar membangun suasana. Thanks Mas Vicky dan Belitung Island.

    Karina Apriana Indonesia, Bandung 25 Nov 2013
  • PUASSS bingiiiiitt...ya satu kata yang itu sudah sangat mewakili! Rasanya 3 hari 2 malam itu kurang lama..hehehe... alhamdulillah makanan enak tour guidenya juga asikk dan informatif...pokoknya sangat berkesan! banyak loh teman2 kita yang menanyakan, langsung pingin ke tanjung pandan juga dan tentunya langsung rekomendasiin belitung island... semoga belitung island makin banyak costumernya, amin! *Terimakasih*

    Fathin Indonesia, Jakarta 4 Apr 2014
  • Ini benar kampung tapi aku suka sekali~~ Bisa listerhat santai without noise~~~ Makanan enak juga~hotel cukup bagus cuma Di dalam kamar tak ada jumuran yang baju basa tak bisa keringin~ Mas ipung yang gaide orang baik2. Semua mantap~~thx at all~~.

    Jin Indonesia, Jakarta 15 Jun 2015
  • Belitung luar biasa indahnya, belitungisland.com membantu persiapan sampai hari H liburan dengan sangat profesional. Servicenya cepat dan tanggap, crew nya on time dan sangat membantu. Well recommended place and service. Thank you belitungisland.com :D

    Desri Indonesia, Jakarta 29 Aug 2015

Airline Partners

Our Corporate Customers