By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Batu Satam

Batu Satam

Pulau Belitung memang memiliki sejuta pesona yang tiada habisnya untuk ditelusuri. Selain pantainya yang eksotik, budaya dan makanannya yang khas, di Pulau yang dikenal sebagai negeri Laskar Pelangi ini Anda juga bisa mendapati sebuah batu permata yang indah bernama Batu Satam.

Keunikan Batu Satam

  • Hanya ada satu-satunya di Indonesia dan di Dunia
  • Merupakan batu meteor yang jatuh dan bercampur dengan timah
  • Jadi ikon Kota Tanjung Pandan, Ibu Kota Kabupaten Belitung
  • Memiliki banyak kegunaan atau khasiat

Info Khusus Batu Satam tergolong batu yang langka. Karena kelangkaannya tersebut tidak sedikit orang, terutama pecinta batu memburu batu yang indah dan unik ini. Batu yang berwarna hitam dan punya urat-urat yang khas ini sendiri juga memiliki nama lain yaitu Billitonit dan Taktite. Karena Batu Satam ini memang hanya ditemukan di Pulau Belitung, maka batu ini kemudian ditetapkan sebagai ikon dari ibu kota Belitung yakni Tanjung Pandan. Selain kedua nama tersebut, Batu Satam juga sering disebut Batu Meteorit, Empedu Pasir atau Upil Naga.

Munculnya istilah Billitonit dari Batu Satam adalah karena adanya penelitian dan penamaan yang dilakukan oleh ilmuan Belanda bernama Ir. N. Wing Easton yang meneliti Batu Satam pada tahun 1922. Sementara itu istilah Taktite muncul oleh karena penelitian terhadap Batu Satam yang dilakukan oleh ilmuan lainnya. Selain itu Batu Satam ini juga pernah diteliti dan diuji oleh Fakultas MIPA Universitas Padjajaran dan Laboratorium Kimia Mineral dan Lingkungan.

NEXT PAGE >>

Belitung Tour Package Rp 1,694,000/person @ Maxone Belstar Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Belitung Fotografi termasuk tour sehari penuh, hotel Maxone Belstar makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Danau Kaolin

DISTANCE4 km VIEW MORE

 

Sejujurnya, awalnya kami tidak ingin memuat foto ini. Tetapi atas permintaan beberapa rekan fotografer yang ingin mengetahui lebih jauh tentang potensi seni fotografi di daerah tambang kaolin, maka kami buatlah galeri foto Danau Tambang Kaolin ini. ...

Tanjung Pendam

DISTANCE4 km VIEW MORE

 

Berada dekat dengan Kota Tanjung Pandang sebagai Ibu Kota Kabupaten Belitung, Pantai Tanjung Pendam bisa jadi solusi untuk Anda yang sedang berada di Kota Tanjung Pandang dan tidak punya banyak waktu untuk berlibur menelusuri seluruh Pulau Belitung. Dengan berkunjung ke sini maka liburan singkat And ...

Museum Badau

DISTANCE18 km VIEW MORE

 

Pada zaman dulu, di Pulau Belitung ini memang ada beberapa kerajaan yang berkuasa. Salah satu kerajaan tersebut adalah Kerajaan Badau. Meskipun saat ini Kerajaan Badau sudah runtuh namun beberapa sisa peninggalannya masih bisa kita jumpai sampai sekarang di sebuah museum bernama Museum Badau. ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Batu Satam

  • Mempelajari sejarah
  • Pengamatan pemandangan
  • Mempelajari sejarah
  • Hunting fotography

Sejarah Terbentuknya Batu Satam

Sejarah Terbentuknya Batu Satam

Terbentuknya Batu Satam ini memang tidak begitu saja muncul. Namun batu tersebut muncul karena adanya peristiwa alam yakni jatuhnya meteor. Berdasarkan sebuah catatan ilmiah didapati bahwa sekitar 700 ribu tahun yang lalu ada sebuah meteror yang jatuh ke beberapa negara seperti Cekoslovakia, Arab, Australia dan Indonesia. Khusus batu meteor yang jatuh ke Indonesia yakni di Pulau Belitung, meteor ini bereaksi dengan lapisan bumi yang mengandung tambang timah yang memang melimpah di Belitung. Nah dari reaksi meteor dengan timah inilah kemudian menghasilkan sebuah batu berwarna hitam bernama Satam.

  • Capital City
  • Airport
  • Danau Kaolin
  • Tanjung Pendam
  • Museum Badau

Penemuan Batu Satam

Kemunculan Batu Satam sendiri pertama kali ditemukan tahun 1973 di Pulau Belitung. Saat itu seorang penambang timah beretnis China tidak sengaja menemukan Batu Satam di Desa Buding, Kecamatan Kelapa Kampit. Ketika itu batu yang istimewa ini ditemukan pada kedalaman 50 meter. Karena penemunya waktu itu bernama Sa Tam maka batu yang indah tersebut pun diberi nama Satam. Uniknya nama Satam ini mempunyai arti dimana Sa bermakna pasir dan Tam berarti empedu. Jadi secara harfiah maka Satam mempunyai arti empedu pasir.

Karakteristik Batu Satam

Batu Satam sendiri memiliki karakteristik atau ciri khas yang berbeda dengan batu-batu lainnya. Dari bentuknya, Batu Satam terdiri dari beberapa jenis, yakni ada yang lonjong, bulat dan ada pula yang bentuknya tak beraturan karena sudah terbelah atau pecah. Batu Satam yang sudah terbelah atau pecah sendiri sering disebut suiseki. Sementara itu ciri khas dari Batu Satam bisa dikenali dari permukaannya yang mempunyai goretan yang terukir secara alami dan tergesek melalui arus air di bawah tanah. Batu Satam biasanya akan kita jumpai pada kedalaman lapisan tanah dengan kedalaman antara 50 meter-an dengan kandungan yang variatif seperti timah, alumunium, besi dan silikat.

Kegunaan Batu Satam

Dengan keindahan yang dimiliki, batu yang berasal dari meteor ini seringkali dijadikan atau dibuat sebagai perhiasan. Maka dari itu jika beribur ke Pulau Belitung ini kita akan menjumpai cinderamata Batu Satam yang berwujud cincin, liontin, giwang dan lain sebagainya. Namun Batu Satam tidak hanya menghadrikan keindahan dan kecantikan saja. Sebab beberapa orang menyakini bahwa Batu Satam ini memiliki kekuatan khusus. Beberapa kekuatan yang diyakini oleh beberapa orang dari Batu Satam ini adalah menangkal ilmu hitam, menangkal gangguan jin dan setan, menangkal santet dan teluh, menangkal sihir jahat dan gendam serta kekuatan supranatural lainnya. Bahkan ada yang meyakini bahwa Batu Satam ini mampu menetralisir aura negatif dan memancarkan aura positif dalam diri seseorang.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Batu SatamBelitung

Click star to rate Batu Satam

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Ini adalah kunjungan pertama kami di Belitung. Belitung sangat indah....paradise !! Dan dengan Belitungisland.com...liburan kami sangat nyaman dan sangat memuaskan lebih dari yang dapat digambarkan dengan kata-kata. Terima kasih banyak terutama kepada Iwan tour guide kami yang selalu siap membantu dan juga kepada seluruh team Belitungisland.com yang sangat terasa dukungannya walaupun kita tak pernah tatap muka secara langsung. tak ada satupun yang gagal dalam liburan kami kali ini bersama anda

    Mira Ikawati Indonesia, Jakarta 26 Aug 2012
  • Liburan kali ini ke Belitung memang pilihan yang tepat. Dari pengaturan tour-nya oleh Belitungisland.COM, keindahan alam di Belitung itu sendiri, kuliner-nya yang enak-enak, sampai dengan tour guide yang sarat pengetahuan & ramah, sangat-sangat pantas diajungkan JEMPOL!!!! Kami pasti kembali ke Belitung.

    Widawaty Halim Indonesia, Jakarta 5 May 2014
  • ini ni tour guide kami paling baikkkkkkkkk dan bapak yg bawa kapal kami ke semua pulau...baikk bangat tapi kami semua lupa ngucapin terima kasih ke bapak yg bawa kapal,karena uda keburu mabuk turun dari kapal... hikhik maaf ya pak Rijal..

    lisa xu Indonesia, Jakarta 25 Oct 2010
  • Kami senang sekali selama berada di pulau Belitung. Pantainya memang indah dan bersih. Guide yang sangat bertanggung jawab atas liburan kami di Belitung, pengaturan yang fleksibel dan orang di sekitar yang sangat ramah.

    Ediva Sismaya Indonesia, Jakarta 18 Jun 2010
  • Kami suka sekali, apa yang digambarkan sebelumnya tepat kami dapatkan. Cuaca mendukung. Kami suka suasana tidak terlalu ramai, sehingga puas menikmati setiap lokasi kunjungan.

    Ibu Yulie Indonesia, Jakarta 24 Feb 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers