By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Seni Gambus

Seni Gambus

Dengan penduduk yang mayoritas beretnis melayu dan muslim maka kita bisa menjumpai beberapa budaya di Belitung yang berkaitan dengan kedua unsur etnis tersebut. Salah satu budaya tersebut adalah seni gambus. Seni gambus yang mulanya berasal dari Timur-Tengah ini memang sudah dikenal masyarakat Belitung sejak lama dalam berbagai peringatan dan acara.

Keunikan Seni Gambus

  • Merupakan seni musik di Belitung yang sudah berusia ratusan tahun
  • Dahulu digunakan untuk sarana penyebaran agama Islam
  • Memiliki karakteristik yang khas dan berbeda dengan gitar
  • Alat untuk mengiringi nyannyian di berbagai acara adat dan juga acara besar lain

Gambus atau juga disebut Dambus dalam bahasa setempat merupakan seni permainan alat musik yang masuk dalam ruang lingkup kesenian hadrah dan rebana. Wujud gambus sendiri adalah mirip seperti gitar namun dengan karakteristik dan bunyi yang berbeda. Karakteristik gambus secara umum adalah adanya masing-masing sepasang senar yang berdekatan antara satu dengan lainnya. Jadi jika dihitung secara keseluruhan maka akan ada 12 senar pada alat musik ini. Selain itu senar yang digunakan berbeda dengan senar gitar. Pada gambus, senar yang digunakan adalah senar nylon yang merupakan senar untuk memancing.

Meski tidak diketahui siapa yang mulai menggunakan nama gambus, tapi yang jelas kesenian gambus ini sangat berkembang di Belitung sejak abad XIX Masehi. Pada abad ke-19 tersebut memang juga diketahui ada kedatangan para imigran Arab dari Hadramaut, Yaman Selatan ke Nusantara. Pada masa penyebaran agama Islam di daerah belitung, gambus ini dimanfaatkan oleh para ulama imigran tadi untuk sarana dakwah. Kegunaan alat musik gambus atau dambus tersebut pada waktunya berkembang menjadi alat untuk mengiringi nyanyian dan tarian dalam beberapa acara adat dan hari besar agama Islam.

NEXT PAGE >>

Belitung Tour Package Rp 1,774,000/person @ Green Tropical Village Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Belitung Fotografi termasuk tour sehari penuh, hotel Green Tropical Village makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Danau Kaolin

DISTANCE3 km VIEW MORE

 

Sejujurnya, awalnya kami tidak ingin memuat foto ini. Tetapi atas permintaan beberapa rekan fotografer yang ingin mengetahui lebih jauh tentang potensi seni fotografi di daerah tambang kaolin, maka kami buatlah galeri foto Danau Tambang Kaolin ini. ...

Tanjung Pendam

DISTANCE4 km VIEW MORE

 

Berada dekat dengan Kota Tanjung Pandang sebagai Ibu Kota Kabupaten Belitung, Pantai Tanjung Pendam bisa jadi solusi untuk Anda yang sedang berada di Kota Tanjung Pandang dan tidak punya banyak waktu untuk berlibur menelusuri seluruh Pulau Belitung. Dengan berkunjung ke sini maka liburan singkat And ...

Museum Badau

DISTANCE18 km VIEW MORE

 

Pada zaman dulu, di Pulau Belitung ini memang ada beberapa kerajaan yang berkuasa. Salah satu kerajaan tersebut adalah Kerajaan Badau. Meskipun saat ini Kerajaan Badau sudah runtuh namun beberapa sisa peninggalannya masih bisa kita jumpai sampai sekarang di sebuah museum bernama Museum Badau. ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Seni Gambus

  • Menonton pertunjukan
  • Adat istiadat dan tradisi
  • Mempelajari sejarah
  • Pengamatan pemandangan

Gambus Belitung

Gambus atau dambus sebagai alat musik khas melayu memang dikenal baik di daerah Belitung dan Bangka. Untuk gambus di daerah Belitung ini umumnya akan ditambah atau dikombinasikan dengan alat musik pengiring lainnya seperti tarwas atau rebana, biola, gong dan tawak-tawak. Tujuan penambahan bunyi-bunyian ini sendiri adalah untuk menambah keserasian dan keharmonisan suara. Perkembangan alat musik gambus di Belitung memiliki riwayat penambahan senar. Pada awalnya senar yang pada awalnya berjumlah 3 kemudian menjadi lebih dari 3. Selain itu pada mulanya gambus Belitung ini tidak memiliki grip (petak nada), namun kemudian berkembang menjadi gambung dengan grip. Suara yang dihasilkan gambung belitung ini terbilang lebih nyaring dibanding suara alat musik guitar. Sementara itu untuk bentuk badan gambus belitung ini sedikit lebih bulat.

  • Capital City
  • Airport
  • Danau Kaolin
  • Tanjung Pendam
  • Museum Badau

Pelaksanaan Seni Gambus

Selain sebagai hiburan diri sendiri, peruntukan gambus di daerah Belitung adalah untuk pengiring sebuah acara. Acara atau kegiatan yang biasanya diiringi seni gambus yaitu pagelaran seni, pesta pernikahan, pengiring lagu melayu, tarian tradisional dan lainnya. Tidak jarang juga gambus belitung dimainkan dengan melantunkan mantra-mantra tertentu. Pelantunan matra ini dilakukan untuk menambah kesan sakral dalam sebuah permainan gambus. Agar lebih variatif dan harmonis maka biasanya dalam pertunjukan seni gambus juga diiringi dengan alat musik lain seperti biola, gendang, gong, dan rebana. Dari sisi religi, permainan gambus ditujukan untuk mengajak pendengarnya mendekatkan diri pada Allah dan juga untuk mengikuti teladan Rasul-Nya.

Perkembangan Seni Gambus

Seiring waktu dan perkembangan zaman, seni gambus di Belitung dan sekitarnya ini terbilang memprihatinkan. Hal ini dikarenakan alat musik tradisional tersebut mulai ditinggalkan oleh para generasi muda penerusnya. Mereka para golongan muda ini lebih memilih untuk menggunakan alat musik yang lebih modern dan digital. Untungnya beberapa generasi tua memiliki kepedulian pada pelestarian seni gambus. Mereka kemudian mendirikan sanggar seni gambus dan membuka serta mengajak para generasi muda untuk ikut serta melestarikan musik serta seni gambus.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Seni GambusBelitung

Click star to rate Seni Gambus

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • We definitely will recommend Belitungisland.COM to our families and friends who are visiting Belitung. Belitungisland.COM offers various tour packages depending on our preference. The website is very informative and easy to use. We had so much fun in exploring Belitung. Moreover, our tour guide was very informative, friendly and helpful. He showed us some good spots and helped us to take group pictures (and he is a good photographer!). Definitely one of the best tour guides!

    Brenda Puspita Indonesia 14 Aug 2015
  • Dear P Kusuma and P Vicky, Kami mengucapkan banyak terima kasih atas pelayanan yang baik dan memuaskan dari Belitung island. com tour and travel. Sdr Vicky sebagai tour guide juga ramah dan ringan tangan tanpa lelah membantu kami selama tour di Belitung. Kami akan merekomendasikan kepada teman teman kantor kami dan juga group perusahaan atas pelayanan yang memuaskan ini. Semoga Belitung island.com tetap jaya dan berkembang dimasa mendatang. Amin Salam untuk semua team Bapak.

    Yufril Sjarif Indonesia, Jakarta 19 Oct 2012
  • This is the second visit and we are still amazed on the beauty of Belitung. But there is a potential hazard for the beach in the future, it is litter. If there is no awareness and significant action from all the stake holders of Belitung Island, the beauty of Belitung beaches will be covered by piles of litter. Erick, thanks for being patient with us and you are still the best!

    Santi Kemala Indonesia, Jakarta 31 Aug 2012
  • Secara umum berlibur dengan belitungisland sangat menyenangkan, pantai dan pulaunya sangat indah, service yang diberikan oleh tour guidenya juga OK, hanya hotelnya yang kurang memenuhi harapan kami, Terimakasih Pak iwan & Belitungisland

    Ibu Sari Indonesia, Jakarta 15 Jun 2013
  • Sangat menyenangkan.. Walopun tdk dpt menikmati spot snorkelling krn cuaca & serbuan ubur-ubur. Pelayanan tur top markotob! Sangat disayangkan tdk didukung dgn Pelayanan hotel yg maksimal.

    Via Indonesia, Jakarta 15 Nov 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers