By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Buang Jong

Buang Jong

Suku Sawang yang merupakan masyarakat tradisional di Pulau Belitong dikenal memiliki tradisi yang unik bernama Buang Jong. Karena dulu Suku Sawang ini selalu hidup di lautan maka tradisi Buang Jong juga berhubungan dengan laut. Upacara yang biasanya daerah pantai ini bisa Anda saksikan salah satunya di Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung.

Keunikan Buang Jong

  • Dilakukan oleh Suku Sawang yang dulu hidupnya selalu di laut
  • Bentuk persembahan dan permohonan kepada penguasa laut
  • Merupakan tradisi yang sudah berlangsung lama dan melegenda
  • Memiliki banyak tahapan prosesi sebelum upacara puncak yaitu melarung

Dalam istilah setempat Buang Jong memiliki arti melepaskan atau membuang perahu kecil (Jong) ke lautan. Di dalam jong ini sendiri ada beberapa sesajian (sesajen) dan juga ancak (semacam replika kerangka rumah yang melambangkan tempat tinggal). Tradisi Buang Jong yang dilakukan oleh Suku Sawang ini bisanya dilaksanakan antara bulan Agustus – November. Pada bulan-bulan tersebut memang angin dan ombak laut sedang besar karena ada angin musim barat yang berhembus. Nah ketika angin musim Barat ini berhembus, Suku Sawang merasa bahwa sudah tiba saatnya untuk melakukan larung laut yang dikenal dengan Buang Jong ini sebagai bentuk persembahan kepada penguasa laut.

Selain sebagai persembahan kepada penguasa laut, tradisi Buang Jong ini dilakukan dengan tujuan untuk meminta perlindungan kepada penguasa laut agar senantiasa dilindungi dari bencana ketika melaut dan menangkap ikan. Upacara Buang Jong yang puncaknya dilakukan larung miniatur kapal beserta sesaji di dalamnya ini memiliki prosesi yang terbilang lama hingga dapat berlangsung antara dua hari dua malam. Setelah prosesi puncak yakni pelarungan sesaji dan miniatur kapal maka masyarakat Suku Sawang akan dilarang melaut untuk tiga hari ke depan.

NEXT PAGE >>

Belitung Tour Package Rp 1,740,000/person @ Golden Tulip Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Belitung Pantai dan Pulau termasuk tour sehari penuh, hotel Golden Tulip makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Danau Kaolin

DISTANCE7 km VIEW MORE

 

Sejujurnya, awalnya kami tidak ingin memuat foto ini. Tetapi atas permintaan beberapa rekan fotografer yang ingin mengetahui lebih jauh tentang potensi seni fotografi di daerah tambang kaolin, maka kami buatlah galeri foto Danau Tambang Kaolin ini. ...

Bukit Berahu

DISTANCE19 km VIEW MORE

 

Destinasi Bukit Berahu adalah wisata yang menarik karena mengkombinasikan antara sajian bukit dan pantai. Dengan pengelolaan yang baik, maka wisatawan yang berada di sini bisa merasakan pengalaman liburan yang seru dan pastinya menyenangkan. ...

Museum Badau

DISTANCE21 km VIEW MORE

 

Pada zaman dulu, di Pulau Belitung ini memang ada beberapa kerajaan yang berkuasa. Salah satu kerajaan tersebut adalah Kerajaan Badau. Meskipun saat ini Kerajaan Badau sudah runtuh namun beberapa sisa peninggalannya masih bisa kita jumpai sampai sekarang di sebuah museum bernama Museum Badau. ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Buang Jong

  • Adat istiadat dan tradisi
  • Menonton pertunjukan
  • Mempelajari sejarah
  • Hunting fotography

Ritual Berasik dan Tarian Ancak

Prosesi Buang Jong ini dimulai dengan melakukan Berasik yaitu memanggi makhluk halus dengan pembacaan doa oleh pemuka adat Suku Sawang. Ketika prosesi ini dilakukan maka akan terjadi perubahan gejala alam seperti ombak laut yang tiba-tiba membesar atau bertiupnya angin yang kencang. Setelah Berasik, prosesi Buang Jong diteruskan dengan Tarian Ancak yang dilangsungkan di hutan. Tarian ini dilakukan oleh seorang pria dengan cara menggoyang-goyangkan replika kerangka rumah ke empat arah mata angin. Dengan iringan suara gong dan gendang, tarian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengundang roh penguasa lautan agar nantinya saat puncak prosesi bisa ikut bergabung. Tarian Ancak sendiri diakhiri dengan si penari yang memanjat tiang tinggi (jitun) dengan kesurupan.

  • Capital City
  • Airport
  • Danau Kaolin
  • Bukit Berahu
  • Museum Badau

Tarian Sambang Tali dan Ritual Numbak Duyung

Tarian yang juga dilakukan dalam rangkaian prosesi Buang Jong adalah Tari Sambang Tali. Untuk tari yang satu ini dimainkan oleh sekelompok pria yang mempersepsikan kehidupan nelayan di lautan. Selanjutnya, Buang Jong akan diteruskan dengan ritual Numbak Duyung dengan cara mengikatkan tali pada sebuah tombak sambil membaca mantra. Setelah Numbak Duyung, prosesi Buang Jong dilanjutkan lagi dengan memancing ikan di laut. Jika kemudian ikan yang dipancing diperoleh dalam jumlah banyak, maka orang yang memancing dilarang untuk mencuci tangan di laut.

Acara Jual Beli Jong

Tahapan berikutnya dari Buang Jong adalah jual-beli jong. Tahap yang satu ini Suku Sawang akan melakukan kegiatan transaksi jual-beli dengan orang darat. Menariknya, aktivitas jual-beli ini dilakukan tidak menggunakan uang tapi dengan metode barter atau pertukaran barang. Prosesi jual-beli jong ini sendiri memiliki arti dan makna yang berarti bagi Suku Sawang dan orang darat yakni persahabatan dan kerukunan. Pada acara ini juga ada kesepakatan antara Suku Sawang dan orang darat untuk saling mendukung dan saling mengajukan permintaan. Kesepatakan yang ditengahi oleh dukun ini berisi permintaan Suku Sawang agar tidak dimusuhi saat berada di darat dan orang darat yang meminta agar orang laut mendapat banyak rejeki untuk bisa memenuhi kebutuhan pangannya.

Beluncong dan Nyalui

Acara Buang Jong selanjutnya adalah Beluncong yang merupakan kegiatan menyanyi lagu-lagu khas Suku Sawang dengan iringan alat musik sederhana. Tahap terahir sebelum acara puncak larung sesaji dan miniatur kapal adalah Nyalui yakni mengenang arwah orang-orang yang sudah meninggal dengan cara menyanyi.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Buang Jong Belitung

Click star to rate Buang Jong

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • saya ucapkan terima kasih yg sebesarnya kepada team belitungisland. perjalanan selama 3D2N merupakan waktu yang sangat singkat,pantai belitung yg sangat indah dengan taburan pasir putihny sungguh sangat memnjakan mata, pulauny juga tak kalah mempesona, pulau burung yg sangat cantik serta takjub melihat menara mercusuar yg sangat gagah berdiri dipulau lengkuas, kbruntungan juga memihak kami sehingga dapat bertemu lgsg dgn abang andrea hirata.. menjadikan moment yg tak akan pernah kami lupakan...

    Hendra Indonesia, Jakarta 23 Dec 2012
  • Kami sekeluarga sangat senang berlibur di Belitung,sebagai obat mencairkan ketegangan atau kejenuhan. Namun saat sampai di Belitung, belum mujur, hujan terus mengguyur, baru hari ketiga reda, hingga hasil pemotretan kurang bagus. Kebetulan suami saya, mempunyai hobi ngeblog hingga photo yg ada banyak kurang bagus untuk ditampilkan diblog-nya. Untuk itu, mohon kiranya minta dikirim photo dlm bentuk zip. Blog baru suami saya di http:// kemolekanalamindonesia. blogspot.com. Salam,

    Iskandriasti Indonesia, Jakarta 29 Jun 2011
  • Dear Belitung Island, We want to thank you for introducing us to the wonderful Belitung island. We are very impressed with your efficiency. Most of all, we want to thank Bang Gito for being the best tour guide weve ever had. Its hard to imagine having anyone better. Bang Gito went above and beyond, literally, for us. Weve been telling our friends about your service and also Bang Gitos name. Here is one of the wonderful photos shot by Bang Gito. Bang Gito, terima kasih banyak!

    Hans Kam Indonesia, Jakarta 30 Aug 2012
  • This is the second visit and we are still amazed on the beauty of Belitung. But there is a potential hazard for the beach in the future, it is litter. If there is no awareness and significant action from all the stake holders of Belitung Island, the beauty of Belitung beaches will be covered by piles of litter. Erick, thanks for being patient with us and you are still the best!

    Santi Kemala Indonesia, Jakarta 31 Aug 2012
  • Sangat puas dengan tour bersama Belitungisland.COM, sehingga kami dapat menikmati keindahan P Belitung Acara menarik, guide ramah & sangat membantu , sehingga meskipun cuaca kurang bersahabat, tour dpt berjalan lancar dan memuaskan. Juga hidangan makan siang, malam sangat lezat, cocok untuk penggemar seafood. Muungkin lain kali bisa ditambah dg VCD ttg wisata BB.

    widyastuti Indonesia, Surabaya 16 Dec 2011

Airline Partners

Our Corporate Customers