By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Museum Badau

Museum Badau

Pada zaman dulu, di Pulau Belitung ini memang ada beberapa kerajaan yang berkuasa. Salah satu kerajaan tersebut adalah Kerajaan Badau. Meskipun saat ini Kerajaan Badau sudah runtuh namun beberapa sisa peninggalannya masih bisa kita jumpai sampai sekarang di sebuah museum bernama Museum Badau.

Keunikan Museum Badau

  • Memiliki banyak koleksi dari peninggalan Kerajaan Badau
  • Ada juru kunci musuem yang merupakan cucu Raja Badau ke-10
  • Ada pusaka berupa sepasang tombak yang sangat dikeramatkan
  • Lokasinya dekat dengan Kota Tanjung Pandan, Ibu Kota Kabupaten Belitung

Selain diambil dari nama kerajaan, nama Badau pada museum ini adalah karena lokasinya yang ada di Kecamatan Badau, Tanjung Pandan. Penetapan Museum Badau untuk publik atau masyarakat umum sendiri diresmikan pada tahun 1982. Diinisasi oleh Pemerintah Daerah setempat, Museum Badau dibangun dan didirikan dengan tujuan agar beberapa peninggalan Kerajaan Badau berserta kisahnya tetap terjaga dan lestari. Juru kunci Museum Badau sendiri saat ini adalah masih keturunan kerajaan yakni cucu Raja Badau ke-10 bernama Ki Johar Juki. Berada di halaman depan museum kita akan menjumpai sebuah patung tentara kerajaan Badau yang sedang membawa tombak. Patung ini sendiri menjadi simbol kejayaan pasukan Kerajaan Badau yang mampu menguasai beberapa wialyah sekitar Belitung.

Beberapa koleksi peninggalan Kerajaan Badau yang bisa dijumpai di Museum Badau adalah Gong, kering, pedang, kayu gaharu, kelinang, baki, periok dalong, kendi dan lain sebagainya. Beberapa senjata yang ada di sini konon riwayatnya dahulu digunakan untuk berperang melawan penjajah. Salah satu koleksi yang paling menjadi daya tarik di Museum Badau adalah sepasang tombak kebanggaan dari masyarakat Badau bernama Tombak Berambu atau Berlek 13. Tombak ini memang sangat spesial karena dibuat oleh Daloeng Muyang Gresik yang merupakan raja pertama Badau dan juga murid Sunan Gresik. Sepasang tongkat ini menurut juru kunci berjenis kelamin laki-laki dan perempuan dan tidak dapat dipisahkan. Pernah suatu kali kedua tombak ini dipisahkan. Namun anehnya dalam waktu yang singkat salah satu tombak kembali lagi ke Museum Badau dan kembali berpasangan. Tombak yang berada di Museum Badau ini disimpan dalam lemari dan diberi parfum yang diyakini sebagai makanannya.

NEXT PAGE >>

Belitung Tour Package Rp 1,489,000/person @ Puncak Hotel Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Belitung Pantai dan Pulau termasuk tour sehari penuh, hotel Puncak Hotel makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Batu Mentas

DISTANCE7 km VIEW MORE

 

Bagi Anda yang yang ingin berlibur ke sebuah tempat yang menyuguhkan banyak hal, maka destinasi Taman Wisata Batu Mentas akan menjadi pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan di Batu Mentas ini Anda akan bisa melakukan banyak kegiatan dan aktivitas yang seru dan menyenangkan. ...

Gurok Beraye

DISTANCE15 km VIEW MORE

 

Keberadaan air terjun di Pulau Belitung tak kalah mempesonanya dibanding dengan pantai-pantai yang sering dikenal. Salah satu destinasi air terjun yang menarik untuk dikunjungi di Pulau Belitung adalah Gurok Beraye. Dengan segala sajian yang dihadirkan, Gurok Beraye akan jadi salah satu destinasi ya ...

Danau Kaolin

DISTANCE17 km VIEW MORE

 

Sejujurnya, awalnya kami tidak ingin memuat foto ini. Tetapi atas permintaan beberapa rekan fotografer yang ingin mengetahui lebih jauh tentang potensi seni fotografi di daerah tambang kaolin, maka kami buatlah galeri foto Danau Tambang Kaolin ini. ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Museum Badau

  • Situs purbakala
  • Mempelajari sejarah
  • Berpetualang di sekitarnya
  • Pengamatan pemandangan

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Anda di Museum Badau ini bisa melakukan beberapa kegiatan dan aktivitas seperti :
  • Berkeliling museum dengan berjalan kaki untuk lakukan penjelajahan.
  • Melihat-lihat koleksi yang ada dan dimiliki Museum Badau yang merupakan peninggalan Kerajaan Badau.
  • Dengan bantuan juru kunci atau pemandu wisata, Anda bisa mendengarkan cerita dan riwayat dari berdirinya museum dan Kerjaaan Badau.
  • Mendokumentasikan beberapa hal menarik di Museum Badau untuk kenag-kenangan.

  • Capital City
  • Airport
  • Batu Mentas
  • Gurok Beraye
  • Danau Kaolin

Akses Menuju Lokasi

Musuem Badau ini berada di Jl. Abdul Rahman No.1, Desa Badau, Kecamatan Badau, Belitung. Untuk akses menuju musuem sangatlah mudah. Hal ini dikarenakan Musuem Badau berada tidak jauh dari jalan raya Tanjung Pandan dan Belitung Timur. Dari Kota Tanjung Pandan sendiri Museum Badau bisa dicapai dalam waktu sekitar 20 menit. Sementara itu dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin, Anda bisa mencapai lokasi Museum Badau ini hanya dalam waktu sekitar 12 menit saja.

Tarif dan Catatan Khusus

Untuk tarif masuk ke Museum Badau ini sangat murah yakni hanya Rp 2.000/orang. Tarif ini sendiri nantinya digunakan oleh pengelola untuk biaya perawatan Museum. Karena di museum ini ada sebuah pusaka yang dikeramatkan maka Anda harus menjaga sikap dan tingkah laku. Bila Anda datang dan mendapati museum tutup, maka Anda bisa menelepon juru kunci untuk membukakan pintu museum.

Fasilitas di Objek Wisata

Untuk fasilitas di Museum Badau ini terbilang sudah baik. Selain sarana dan pra-sarana umum seperti toilet dan area parkir, Anda juga bisa mendapati tempat makan atau warung makan, masjid serta pasar di area luar sekitar museum.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Museum BadauBelitung Barat

Click star to rate Museum Badau

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Dear P Kusuma and P Vicky, Kami mengucapkan banyak terima kasih atas pelayanan yang baik dan memuaskan dari Belitung island. com tour and travel. Sdr Vicky sebagai tour guide juga ramah dan ringan tangan tanpa lelah membantu kami selama tour di Belitung. Kami akan merekomendasikan kepada teman teman kantor kami dan juga group perusahaan atas pelayanan yang memuaskan ini. Semoga Belitung island.com tetap jaya dan berkembang dimasa mendatang. Amin Salam untuk semua team Bapak.

    Yufril Sjarif Indonesia, Jakarta 19 Oct 2012
  • Thank you belitungisland.com and specially thanks to our guide Mr.ipung for the friendly service. we had a great time there. Belitung island is a very beautiful island, with unique, massive granite rocks at most coastline and white sand too. If you love beaches, Belitung Island is A MUST for you.

    ong ciu hiong Indonesia, Jakarta 16 Nov 2013
  • Belitung wow, the most beautiful beach Ive ever seen, and thanks for belitung island .com with mr Yadi as a guide, you make ours holiday so comfortable, with very good and kind service, very delicious food, good hotel , flexible schedule . We will suggest ours relative to choose your service.

    Dewi Purwaningsih Indonesia, Jakarta 15 Jun 2012
  • Kesan kami sangat mengesankan dengan alam bawah laut dan bebatuan di Belitung yang selama kami travelling belum pernah menemui populasi bebatuan seperti di Belitung barat. Semoga alam Belitung tetap terpelihara terutama alam bawah laut di pulau lengkuas amazing dengan terumbu karangnya.

    Yuni Indonesia, Jakarta 3 May 2013
  • Kami suka sekali, apa yang digambarkan sebelumnya tepat kami dapatkan. Cuaca mendukung. Kami suka suasana tidak terlalu ramai, sehingga puas menikmati setiap lokasi kunjungan.

    Ibu Yulie Indonesia, Jakarta 24 Feb 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers