By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Danau Mempaya

Danau Mempaya

Bila Anda sedang melakukan perjalanan dari Kota Tanjung Pandan ke Manggar maka Anda bisa singgah ke destinasi wisata Danau Mempaya. Lokasi Danau Mapaya yang berada dekat dari jalan raya Tanjung Pandan – Manggar ini memang akan disayangkan bila dilewatkan begitu saja. Kisah dan pesona Danau Mempaya ini akan menjadikan liburan Anda di Belitung jadi lebih lengkap.

Keunikan Danau Mempaya

  • Memiliki kisah sejarah dari aktivitas penambangan timah di Belitung
  • Airnya tidak pernah surut meski musim kemarau panjang
  • Dijumpai pemandangan indah disekitar danau
  • Lokasinya berada dekat dengan jalan raya Tanjung Pandan - Manggar

Danau Mempaya atau ada yang menyebut Danau Mempayak atau Danau Payak adalah sebuah danau yang berbeda dari danau-danau pada umumnya. Hal ini dikarenakan Danau Mempaya tidak terbentuk terbentuk secara alami atau juga tidak secara sengaja dibuat. Jadi Danau Mempaya ini dulunya adalah bekas galian tambang timah dengan lubang yang luas. Karena kemudian PT Timah ini bangkrut, kegiatan aktivitas tambang pun berhenti dan menyisakan lubang besar di Desa Mempaya. Lubang ini kemudian terisi dengan air hujan yang turun dan lama-lama jadilah Danau Mempaya. Karena tanah bekas galian ini mengandung unsur kaolin maka air di danau ini tidak pernah surut atau kering, meski musim kemarau panjang. Nah karena tempat ini akan dijadikan obyek wisata, maka pemerintah memberikan nama Danau pada lubang bekas galian tambang tersebut.

Nama Mempaya sendiri diambil dari nama desa tempat atau lokasi danau berada. Beberapa warga masyarakat sendiri sebenarnya lebih akrab dengan sebutan “Kolong” untuk menyebut danau ini. “Kolong” sendiri berarti lubang bekas tambang galian tambang timah yang dibiarkan tanpa reklamasi. Area danau ini memang luas bahkan terbilang paling luas diantara danau-danau di Belitung Timur. Tidak hanya menyajikan jejak peninggalan bekas galian tambang, tapi Danau Mempaya juga menghadirkan panorama indah. Dengan latar belakang Gunung Burung Mandi, pemandangan di sekitar danau makin mempesona dengan adanya pepohonan yang teduh di sekitar danau dan juga air danau yang jernih kehijauan. Tapi memang sangat disayangkan karena wisatawan yang datang ke sini dilarang untuk berenang karena Danau Mempaya memiliki kedalaman yang sangat dalam yakni ± 40 Meter.

NEXT PAGE >>

Belitung Tour Package Rp 1,815,000/person @ Grand Hatika Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Belitung Pantai dan Pulau termasuk tour sehari penuh, hotel Grand Hatika makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Vihara Kwan Im

DISTANCE9 km VIEW MORE

 

Obyek wisata yang satu ini tergolong atau terkategori sebagai wisata religi. Berlokasi di Desa Burund Mandi, Kabupaten Belitung, tempat yang bernama Vihara Dewi Kwan Im tersebut akan membuat Anda terpesona. Hal ini dikarenakan vihara ini dikenal sebagai vihara tertua dan terbesar di Pulau Belitung. ...

Burung Mandi

DISTANCE10 km VIEW MORE

 

Burung Mandi, adalah nama sebuah gunung di Timur Laut Belitung, kira-kira 18km arah Barat kota terbesar kedua Manggar. Burung Mandi merupakan tujuan wisata utama bagi masyarakat Manggar dan sekitarnya. Tempat ini sudah dikenal sejak Belanda pertama kali mendirikan pusat penambangan timah di desa Dam ...

Olie Pier

DISTANCE18 km VIEW MORE

 

Sebagai sebuah pantai yang bersejarah, Pantai Olie Pier tentu akan sangat membekas di hati para warga masyarakat Belitung Timur. Dahulu saat wilayah Belitung Timur ini masih aktif sebagai tambang timah, pantai ini sangat sibuk dengan kapal-kapal pengangkut timah. Nah dengan riwayatnya ini Pantai Oli ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Danau Mempaya

  • Menikmati keindahan alam
  • Hunting fotography
  • Pengamatan pemandangan
  • Minum sambil bersantai

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Beberapa kegiatan dan aktivitas yang bisa Anda lakukan di Danau Mempaya ini antara lain :
  • Melihat pemandangan danau yang eksotik serta panorama alam indah disekitar danau.
  • Bersantai dengan maksimal dan dengan dukungan udara yang sejuk serta pohon yang rindang.
  • Dengan bantuan tour guide, Anda bisa mendengarkan kisah dari lubang bekas galian tambang yang kemudian menjadi danau ini.
  • Dengan latar belakang landskap yang indah maka Anda bisa melakukan kegiatan fotografi dengan hasil yang keren.
  • Jika Anda datang ke sini pada peringatan hari Kemerdekaan RI, maka Anda akan bisa mendapati banyak perlombaan, seperti lomba rakit yang diadakan di danau ini.

  • Capital City
  • Airport
  • Vihara Kwan Im
  • Burung Mandi
  • Olie Pier

Akses Menuju Lokasi

Danau Mempaya sendiri di kaki Gunung Burung Mandi, tepatnya di Desa Mempaya, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur. Kondisi jalan menuju Danau Mempaya sudah baik dan aksesnya mudah karena lokasinya yang berada di pinggir jalan raya utama Kota Tanjung Pandan - Manggar. Anda pun bisa ke sini dengan menggunakan kendaraan apapun. Untuk waktu yang dibutuhkan untuk ke Danau Mempaya ini dari Kota Manggar adalah sekitar 21 menit. Sementara itu dari Kota Tanjung Pandan, Anda membutuhkan waktu sekitar 1 jam 20 menit untuk sampai ke Danau Mempaya. Dan bila Anda berangkat dari Bandara H.A.S. Hanandjoeddin maka Anda membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam.

Tarif dan Catatan Khusus

Tidak ada tarif khusus yang perlu Anda bayar untuk masuk dan menikmati wisata Danau Mempaya ini. Anda hanya diharuskan menjaga kebersihan yang ada di sekitar kawasan wisata ini. Anda juga diharap mematuhi aturan yang ada di wisata Danau Mempaya ini yakni untuk tidak melakukan aktivitas berenang karena kedalaman danau yang begitu dalam.

Fasilitas di Objek Wisata

Fasilitas yang ada di wisata Danau Mempaya ini terbilang sudah cukup baik. Hal ini dikarenakan di sini ada beberapa sarana dan prasarana umum pendukung wisata seperti area parkir, musholla, play ground (area bermain), gazebo dan juga warung-warung penjual makanan dan minuman.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Danau MempayaBelitung Timur

Click star to rate Danau Mempaya

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • Paket liburan yang sangat menyenangkan, berkesan dan merindukan. Pulau2 dan terumbu karangnya sangat indah... snorkling, fishing dan sun bathing sangat mengasyikkan... jalan di belitung bagus2... Cerpen2 di museum Hirata sangat menghanyutkan, demikian juga foto2 sejarah di rumah adat... makanan dan bumbu2nya cocok di lidah... ada bonus ketemu Pak Basuri, Bupati Beltim... Two thumbs up!!!

    Fifi Rizal Indonesia, Pakan Baru 1 Jun 2013
  • kami mengikuti tour paket Lighthouse pada tanggal 24-26 Januari 2013. Alhamdulillah selama tour udara bersahabat dengan kami, apalagi pada waktu island hoping udara cerah sekali bahkan cenderung panas, sehingga perjalanan sukses dan menyenangkan. Terimakasih kami ucapkan kepada semua crew belitungisland.com, terutama P Juli yang dengan sabar menjadi guide kami

    Restu Yuni Widayati Indonesia, Jakarta 24 Jan 2013
  • Belitung Island teman yg tepat dalam perjalanan/trip. Pelayanan dengan varisai pilihan yg sangat fleksibel by Harry Mulyadi Sangat bersahabat dengan selingan canda yg tidk habis-habisnya , sangat Tepat dan Cocok untuk Trip bersama keluarga by Endang Murni Asik suasananya , enak makan dan bisa tidur pules juga dalam perjalanan by Irene Intan Hapsari

    Harry Mulyadi Indonesia, Jakarta 6 Jan 2016
  • speechless...harus kembali ke Belitong n stay lebih lama lagi. Pantai yg indah, pemandangan yg menawan, makanan yg sedap n mantaff. thanks pak Deden yg ramah, baik, sigap dan sabar menghadapi kami2 ini hehehe...sukses buat Belitung Island & crew. tetap menjadi yg terbaik n terdepan yah dlm mempromosikan Belitong yg indah ^_^ regards from West Kalimantan

    Linda Indonesia, Pontianak 25 Jun 2010
  • pantai, kota, kuliner dan guide nya sangat mengesankan ...... sayang kami datang pada waktu yg tidak tepat, angin barat sedang menerpa dengan kencang shg tidak sempat tour ke pulau2. sayang juga pantai tg. tinggi kotor karena tanaman yg hanyut dan sampah2 pengunjung.. semoga ada kesempatan lain utk kami menjelajah kembali ...

    rayanita Indonesia, Jakarta 19 Dec 2011

Airline Partners

Our Corporate Customers