By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

By signing up, I agree to Belitung.net's Terms of Service, Privacy Policy, Guest Refund Policy, and Host Guarantee Terms.

Already a Belitung.net member?

Forgot password?

Don't have an account?

Don't have an account?

Don't have an account? Sign up

Tanjung Pandan

Tanjung Pandan

Kota Tanjung Pandan adalah kota terbesar di Belitung, ibu kota kabupaten Belitung (Belitung Barat - red). Tanjungpandan berpopulasi sekitar 90.000 jiwa dan terletak di pantai Barat Belitung, 15km ke arah Barat dari bandara HAS Hananjoedin Belitung. Tanjungpandan adalah kota perdagangan utama, dimana terdapat pelabuhan yang disinggahi kapal-kapal yang sebagian besar berlayar dari Jakarta. Kota Tanjungpandan juga terletak di muara sungai Cerucuk, salah satu sungai terbesar di Belitung.

Keunikan Tanjung Pandan

  • Wisata kuliner di berbagai sudut kota
  • KV Senang dan suasana di sekitarnya
  • Pantai Tanjung Pendam
  • Museum Timah dan Rumah Adat Belitung

Pantai-pantai Belitung memang luar biasa indah, tetapi menikmati suasana selain pantai adalah aktivitas yang pasti dicari oleh para pengunjung terutama pada malam hari. Untuk itu mari kita jelajahi apa saja yang menarik dari tempat-tempat selain pantai di Belitung. Klik THINGS TO DO tab untuk menjelajahi tempat-tempat menarik yang layak anda kunjungi di kota Tanjung Pandan.

Pantai Tanjungpendam

Pantai ini adalah tempat bersantai warga kota untuk menikmati indahnya mata hari terbenam di sore hari. Terletak di kompleks bekas perumahan pejabat PT.Timah, membuat pantai Tanjungpendam cukup terawat sejak dulu. Di sini anda tidak akan menjumpai pantai pasir putih dan pepohonan kepala, tetapi khusus untuk anak-anak ada taman bermain yang cukup menarik. Dari pantai ini terlihat kapal-kapal hilir mudik masuk ke muara sungai Cerucuk dengan latar belakang pulang Kalamoa yang legendaris. Matahari terbenam dengan latar belakang kapal-kapal yang baru akan melaut dan pulau Kalamoa menjadikan tempat ini menarik untuk menikmati awal senja hari.

     
Di malam hari pantai Tanjungpendam berubah menjadi tempat berkumpul masyarakat Belitung untuk menikmati aneka kuliner di restoran-restoran open air sekaligus ditemani alunan live music dari musisi lokal yang tampil di beberapa restoran. Di tempat ini juga sering digelar acara panggung pertunjukan kesenian. Terdapat pula berbagai fasilitas seperti lapangan basket dan futsal. Tanjung pendam juga menjad tempat nongkrong penggemar sepeda onthel yang cukup populer di Tanjungpandan.

NEXT PAGE >>

Belitung Tour Package Rp 1,774,000/person @ Green Tropical Village Hotel

Untuk group 4 peserta, Paket Wisata Belitung Fotografi termasuk tour sehari penuh, hotel Green Tropical Village makan pagi siang malam, pemandu wisata, kendaraan sesuai itinerary tour, minuman dan makanan ringan. Pilih durasi tour 2D 1N, 3D 2N, 4D 3N atau 5D 4N. Harga dihitung berdasarkan group 4 peserta, silahkan mudifikasi jumlah peserta dewasa dan anak untuk menghitung harga.

Advertise with us ?   Click Here

Near by destination

Tanjung Binga

DISTANCE21 km VIEW MORE

 

Tanjung Binga adalah sebuah desa nelayan terletak di pantai Utara Belitung dengan kecantikan alam bahari pantai dan pulau-pulau kecil di sekitarnya dipadukan dengan kehidupan nelayan tradisional yang eksotis. ...

Danau Kaolin

DISTANCE6 km VIEW MORE

 

Sejujurnya, awalnya kami tidak ingin memuat foto ini. Tetapi atas permintaan beberapa rekan fotografer yang ingin mengetahui lebih jauh tentang potensi seni fotografi di daerah tambang kaolin, maka kami buatlah galeri foto Danau Tambang Kaolin ini. ...

Tanjung Tinggi

DISTANCE30 km VIEW MORE

 

Selamat datang di Tanjung Tinggi pantai tercantik dan paling terkenal di Belitung, lokasi syuting Film Laskar Pelangi. Pantai berpasir putih dengan dekorasi batu-batu granit raksasa 30 km di Utara kota Tanjungpandan. ...

<< PREV PAGE

Things To Do @ Tanjung Pandan

  • Berkendara sepanjang jalan
  • Berpetualang di sekitarnya
  • Menikmati kuliner
  • Menikmati minum kopi

Museum Tanjungpandan

Jika anda ingin mengetahui sejenak masa lalu peninggalan kesultanan yang ada di Belitung, artefak peninggalan keramik abad pertengahan dari tiongkok dan tentu saja beberapa ornamen peninggalan PT.Timah, maka anda bisa singgah sejenak di Museum Tanjungpandan. Lokasi museum masih satu kompleks dengan pantai Tanjungpendam.

     
Musium ini banyak juga mengkoleksi jenis bebatuan yang terdapat di Belitung yang merupakan koleksi bekas PT.Timah. Ada juga pakaian adat kuno etnis tioghoa, uang logam kuno dan aneka keris dan barang pusaka peninggalan kesultanan kecil yang anda di Belitung pada masa lalu. Di bagian luar museum juga terdapat beberapa mesin kuno peninggalan belanda yang dulu digunakan untuk menambang timah.




Rumah Adat Belitung

Seperti apakah arsitektur khas Belitung ? Rumah adat Belitung adalah rekonstruksi kreativitas arsitektur Belitung yang kental dengan aliran melayu. Rumah ini adalah bagunan baru, berupa rumah panggung terbuat dari kayu, tetapi menggunakan arsitektur gaya lama. Di dalam rumah terdapat beberapa artefak seni dan kebudayaan masyarakat Belitung, seperti pakaian adat dan perangkat tradisional upacara perkawinan.

     
Lokasi rumah ada Belitung terletak di sebelah rumah dinas Bupati Belitung di daerah Air Ketekok di pusat kota Tanjungpandan. Di tempat ini sering pula diadakan upacara adat budaya melayu setempat dan pertunjukan kesenian seperti: beripat dan tari-tarian daerah.

  • Capital City
  • Airport
  • Tanjung Binga
  • Danau Kaolin
  • Tanjung Tinggi



Galeri KUKM

Ini adalah sentra oleh-oleh dan cinderamata dari Belitung, terletak di pasar pusat kota Tanjungpandan. Walaupun masih sederhana, aneka souvenir mulai dari kaos, gantungan kunci, kejaninan hasil laut, batu satam yang terkenal sampai aneka makanan ringan seperti kerupuk, terasi, sirup jeruk kunci, aneka dodol, ikan asin, dll tersedia di tempat ini. Referensi souvenir di Belitung bisa dilihat di sini.

     
Oleh-oleh yang paling spesial dari Belitung adalah kerupuk dan terasi. Jika anda ingin membeli dalam porsi lebih besar anda bisa memesan langsung ke tempat pembuatan kerupuk atau terasi tersebut. Galeri KUKM menampung usaha-usaha kecil di Belitung yang bergerak memproduksi barang-barang khas Belitung untuk mendukung peran masyarakat Belitung dalam perkembangan pariwisata setempat.




Danau Tambang Kaolin

Ini bukan tempat wisata. Tempat ini khusus untuk anda peminat fotografi. Danau kaolin adalah tempat terkenal untuk hunting foto sunrise di Belitung. Bentuk kubangan tanah bekas tambang yang unik dan berwarna serba putih serta air danau yang berwarna biru, memberikan pemandangan unik yang tidak bisa didapat di tempat lain. Hunting foto sunrise lebih mengesankan lagi karena perpaduan warna putih dan keemasan diterpa sinar matahari membuat danau kaolin semakin cantik untuk dipotret. Foto-foto dan deskripsi lebih lanjut tentang danau kaolin bisa anda lihat di sini.

     
Waktu terbaik untuk hunting foto di bekas tambang kaolin ini adalah pada saat mulai musim kemarau ketika kedalaman air danau mulai agak mengering sehingga banyak bermunculan gundukan-gundukan putih di tengah danau. Obyek human interest juga bisa anda jumpai di lokasi sekitar danau ini yaitu anak-anak dan para ibu yang sedang mencuci dan mandi di lokasi danau kaolin tersebut.




Pelabuhan dan Pasar Ikan

Bagi sebagian orang tempat ini bukan lokasi menarik, tetapi bagi peminat fotografer yang menginginkan objek human interest lokasi ini bisa memberikan sasaran pemotretan yang menarik. Ada banyak ikan-ikan besar yang baru diturunkan dari perahu nelayan, aneka bentuk perahu yang berwarna-warni, para pekerja yang tampil real dan apa adanya dengan sorot sinar matahari pagi dari samping, menjadikan tempat ini sebagai lokasi hunting sunrise yang menarik.

     
Selain pelabuhan, pasar ikan Belitung juga bisa dijadikan obyek menarik untuk acara hunting fotografi. Aneka jenis ikan ada di sana dan hiruk pikuk suasana pasar ikan di pagi hari bisa dijadikan obyek yang menarik. Tidak jauh dari lokasi ini ada juga pelabuhan kapal, dimana anda bisa mengambil scene pemotretan kapal-kapal motor dan kapal phinisi yang sedang berlabuh di pelabuhan Tanjungpandan.




Warung Kopi Ake, Mie dan Suto Belitung

Kedua tempat ini juga bukan sarana pariwisata, tetapi kedua tempat ini semakin hari semakin terkenal karena semakin banyak wisatawan yang berkunjung untuk sekedar bersantai sejenak. Warung kopi Ake adalah warung kopi terkenal bagi masyarakat Tanjungpandan dari berbagai kalangan yang ingin meluangkan waktu ngobrol sambil menikmati secangkir kopi yang khas. Warung Kopi Ake sudah dijalankan oleh 3 generasi. Ada banyak perangkat seperti ceret keramik tua yang masih bertuliskan huruf belanda, demikian juga ketel untuk memasak air di atas tungku arang dan saringan kopi yang juga khas. Dekorasi warung sangat sederhana dihiasi foto-foto tua. Meja-meja yang digunakan juga unik dan tua, terbuat dari beton dan berbentuk segi enam.

     

Sementara untuk anda yang lapar, terdapat makanan enak di sebelah Warung Kopi Ake, namanya Suto Belitong. Makanan ini sepintas seperti ketupat sayur, tetapi rasanya jauh berbeda. Kuah terbuat dari rebusan kari iga sapi dicampur santan kelapa dan sedikit irisan daging dan bumbu-bumbu, irisan lontong, bihun, emping, kentang ditaburi bawang goreng, dan campuran kecap dan jeruk limau menjadikan makanan ini segar untuk dijadikan menu sarapan sambil minum kopi.

Nah yang paling terkenal dan selalu menjadi tujuan para wisatawan yang baru sampai ke Belitung, jika mengambil penerbangan dengan jadwal pesawat paling pagi dari Jakarta, adalah Mie Belitong di warung Atep di pusat pasar kota Tanjungpandan. Komponen utama yang membuat makanan ini enak adalah kuah kari udang nya yang gurih dan kental, dicampur dengan mie dan tauge, irisan tahu goreng, emping dan cabe rawit tumbuk khas Belitong yang harum. Sebagian besar wisatawan tidak merasa cukup kalau hanya makan satu piring. Minuman yang menjadi pasangan serasi Mie Belitong adalah es jeruk Kunci yang juga terkenal dari Belitung. Informasi tentang kuliner di Belitung bisa anda lihat di sini.

<< PREV PAGE NEXT PAGE >>

Guests Review 0 reviews  

Tanjung PandanBelitung Barat

Click star to rate Tanjung Pandan

Rate
  • 0

Judul Comment

Write your comment

Email

Name

Security Code

Refresh

Upload photo (Optional)

 

Bantuan Paket Wisata ?

Tour Advisor dengan senang hati akan membantu anda. Telpon tersedia pada hari kerja jam 09.00-18.00 (GMT+7)

+62 21 2708 1082
Search Forum

27,157 wisatawan

dalam 2,733 trip

telah berlibur ke Belitung dengan Paket Wisata kami. Ayo ikutan !

Advertise with us ?   Click Here

Testimony

  • It was our first time in Belitung and we really loved it, thanks to Belitungisland.com! The reservation was very easy, the guide picked us up at the airport on time, the documents (invoice & itinerary) were complete, and the program was perfectly well-prepared. Pak Iwan was also very responsive and helpful to our needs. That made us feel safer while traveling for the first time in Belitung. Definitely will come again and cant wait to plan another trip with Belitungisland.com.

    Chivie Indonesia, Jakarta 25 Dec 2014
  • Pantai dan pulau di Belitung indah dan alami. Wisata ke museum kata, replika SD Muhammadiyah dan Museum memberi kesan tersendiri bagi anak-anak. Sayang aktivitas di pantai dan air masih kurang. Untuk makanan perlu variasi penyajian. Vicky sebagai tour leader yang menemani kami sangat baik, sopan, tepat waktu dan kami merasa senang sekali dengan pelayanannya. Terima kasih Vicky ... terima kasih Belitung Island untuk liburan yang menyenangkan.

    Masyitoh Yahya Sinaga Indonesia, Jakarta 29 Dec 2015
  • Kami dari Persatuan Olah Raga Pernafasan Indonesia (PORPI) Senayan Jakarta, sangat puas berlibur ke Belitung bersama Belitung Island.Belitung mempunyai panorama laut yang luar biasa indahnya. Saran kami agar promosi mengenai Belitung lebih ditingkatkna lagi, dan pantai pantai yang masih alami agar tetap dijaga kebersihannya. Bravo... Belitung I would love to come back to visit you....

    Hermina Hasibuan Indonesia, Jakarta 19 Sep 2013
  • Wow! Liburan yang sangat menyenangkan! Objek2 wisatanya bagus banget, tour guide-nya ramah, komunikatif, helpful, menguasai medan dan pengetahuan umumnya tentang Belitung sangat bagus, bisa diandalkan sebagai fotografer pribadi, foto2nya juga wokeh! :D Pokoke Mas Rizal recomended bangetlah! Nanti kalo ada kesempatan ke sana lagi, temenin kita lagi ya Mas :)

    Taufiq-Nita Indonesia, Bandung 22 Jun 2012
  • Ini trip pertama kami ke Belitung. Sangat menyenangkan, pantai yang cantik dan belum pernah kami lihat pemandangan secantik dan seindah ini. Terima Kasih Bang Rizal sebagai guide kami, sukses selalu Tim Belitung Islands ;)

    asteria Indonesia, Jakarta 21 Jan 2012

Airline Partners

Our Corporate Customers